Tehnical infrastruktur E-bisnis

I. Perangkat keras jaringan infrastruktur e bisnis


     Selain tool perangkat lunak, ada pula tool yang berwujud perangkat keras (hardware). Khusus untuk tool seperti ini, biasanya memiliki harga yang tidak murah. Pemilik sistem kadang mengabaikan pengadaan perangkat ini dikarenakan perangkat lunak untuk keamanan sistem telah dirasa cukup. Alasan lain yang sering dikemukakan adalah karena demi mendapatkan keuntungan, pengeluaran berlebih atas pembelian perangkat keras yang mungkin beberapa fungsinya telah cukup digantikan oleh perangkat lunak yang lebih murah menjadi dibatasi atau ditiadakan.
     Perlu disadari, pc atau perangkat yang di pasang piranti lunak keamanan kadang kala kurang optimal dalam menjalankan fungsinya. Karena sering pula, pc tersebut dipakai bersama / dioperasikan dengan piranti lunak lainnya. Penurunan performa dapat terjadi oleh karena penyebab yang telah disebutkan diatas. Melalui perangkat keras yang secara khusus didekasikan untuk menjaga keamanan sistem, hal ini dapat menjadi solusi yang lebih baik. Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu atau tidak sesuai dengan tujuan keamanan sistem komputasi e-Business, maka diperlukan identifikasi perangkat keras apa yang sesuai untuk menangkal dari ancaman keamanan yang diperkirakan mungkin akan muncul.

  Untuk menjalankan e-business, maka dibutuhkan komponen berupa jaringan telekomunikasi yang nantinya akan menjembatani bisnis antara perusahaan dengan para konsumen ataupun melakukan operasi internal. Komponen tersebut terdiri dari beberapa jaringan komunikasi, diantaranya yaitu:



·         Local Area Network(LAN) menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan, dimana setiap komputer dapat mengakses data, berbagi data maupun peralatan lain (ex: printer) dalam area tertentu. Biasanya dalam lingkup area LAN adalah kantor/perusahaan. Seperti namanya Local, maka diperuntukkan hanya untuk area tidak luas dengan jarak 10 km. Topologi yg digunakan adalah topologi Star, Ring, & Bus.



·         Metropolitan Area Network (MAN) merupakan pengembangan dari LAN, dalam cakupan yang lebih luas (dalam satu kota). MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. Penerapan MAN memiliki jangkauan 10 - 50 km.



·         Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang memiliki jarak sangat luas, radius mencapai sebuah negara atau benua.
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=8424&val=576

http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Infrastruktur_Teknologi_Informasi_dan_Perkembangan_Teknologi_Baru.pdf


II. Perangkat lunak e-bisnis
     Perangkat lunak sebagai tool dalam memberikan pertahanan keamanan pada sistem komputer adalah bukan merupakan issue yang baru di masa ini. Berbagai aplikasi perangkat lunak seperti antivirus, firewall,  anti spam dan sebagainya telah banyak beredar di dunia maya. Tujuan dari melakukan identifikasi atas perangkat lunak pada layer tool identification ini adalah untuk menemukan perangkat lunak yang dianggap sesuai sebagai solusi berbentuk tool yang kedepannya akan dimanfaatkan untuk menangkal dan menganalisa ancaman-ancaman keamanan yang timbul   mengancam infrastruktur e-Business yang tidak dapat diperkirakan kapan munculnya, bagaimana cara menyerangannya dan komponen atau bagian apa yang akan diserang.

Penggunaan perangkat lunak untuk mendukung infrastruktur e-bisnis :

1. Enterprise Resources Planning (ERP) adalah merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal pengelolaan sumberdaya perusahaan yaitu : Keuangan, Sumberdaya Manusia, Logistik. 

Ketiga sumberdaya tersebut akan membentuk sistem informasi back office bagi perusahaan dalam rangka mendukung kegiatan bisnis utama. Adapun definsi ERP adalah “ Suatu solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi baik Manusia, Uang, Material dan Manajemen dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi sehingga hanya dibutuhkan satu kali input data untuk setiap transaksi dan akan berpengaruh dengan fungsi lain didalam modul sistem informasi”.

Syarat terpenting dari sistem ERP adalah Integrasi. Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.

Gambar 1. Konsep dasar ERP (Rashid et al. 2002)
Tujuan sistem ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara keseluruhan. ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk:

·             Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis
·             Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise
·             Menghasilkan informasi yang real-time
·             Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan 
2. Supply Chain Management (SCM) adalah merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan sekaligus mengelola hubungan diantara mitra untuk menjaga tingkat kesediaan produk dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan secara optimal. SCM memiliki keterkaitan secara langsung dengan ERP terutama dari sisi Logistik Perusahaan, pembelian dan hutang serta manajemen mitra.

Adapun definsi SCM adalah “ Suatu solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi atas kebutuhan barang dan jasa dan juga meliputi manajemen para mitra dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi dan bertujuan untuk menjamin terpenuhinya tingkat kebutuhan material suatu organisasi”.


Gambar 2. Model Supply Chain (A. T. Kearney, 1994)
SCM berusaha mencapai optimasi global. Merupakan proses untuk menemukan strategi terbaik bagi keseluruhan supply chain (systemwide). Adalah sangat menantang untuk mendesain dan mengoperasikan supply chain yang secara keseluruhan biayanya minimal, serta service levelnya terjaga.  Ada 3 macam hal yang harus dikelola dalam supply chain yaitu pertama, aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke pemakai akhir. Yang kedua, aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu dan ketiga adalah aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir atau sebaliknya.

Integrasi supply chain dilakukan untuk mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas sepanjang supply chain sehingga dapat meningkatkan performasi anggota supply chain.
 
3. Customer Relationship Management (CRM) adalah merupakan aplikasi terpadu memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal hubungan kepada pelanggan dengan memiliki keterkaitan yang erat secara langsung dengan ERP terutama dari sisi penjualan, serta piutang. CRM lebih berfokus kepada upaya untuk memahami kebutuhan pelanggan agar dapat diberikan layanan secara cepat dan tepat.
Adapun definsi CRM adalah “ Suatu solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi meliputi manajemen para pelanggan dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi dan bertujuan untuk menjamin terpenuhinya tingkat kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa serta meningkatkan kualitas hubungan antara organisasi dengan pelanggan”.


Gambar 3. Proses Bisnis CRM (Joko Nurjadi, 2008)

 https://vhe4p00h.wordpress.com/2010/11/26/aa/
4. Knowledge Management System (KMS) atau sistem manajemen pengetahuan adalah suatu sistem TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pengertian sebuah sistem aplikasi yang mengkombinasikan dan mengintegrasikan fungsi untuk sebuah perlakukan kontekstual terhadap masing – masing pengetahuan eksplisit dan tasit, selama sebuah organisasi atau bagian organisasi tersebut menjadi target dari tindakan manajemen pengetahuan.

https://km0224.wordpress.com/2013/12/08/knowledge-management-system/

5. SAP (System Application and Product in data processing) merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif.

SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.

https://dedikurnia.wordpress.com/2009/07/09/apa-itu-sap/

III. Teknologi Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Pemindahan data dan informasi diantara dua atau lebih device tersebut dilakukan dalam  bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data yang berupa kabel koaksial, fiber optic, microwave,dsb.
Ketika skala operasi bisnis berkembang, timbul kebutuhan untuk mengumpulkan data dan menyebarkan keputusan di area geografis yang tersebar luas. Komunikasi data memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya.
Komunikasi data sangat penting bagi perusahaan sehingga manajemen jaringan yang baik yang didasarkan pada perencanaan merupakan suatu keharusan. Manajer jaringan adalah elemen kunci dalam program komunikasi data.
Pengaruh paling dramatis pada komunikasi data bisnis adalah Internet. Perusahaan-perusahaan menerapkan teknologi internet secara internal, menciptakan suatu kemampuan yang dinamakan Intranet.
Model dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram yang menunjukkan cara data dikomunikasikan melalui komputer.
Seperti halnya komunikasi antar manusia, pesan komputer harus bergerak melalui suatu saluran. Banyak teknologi yang digunakan , tetapi yang umum adalah sirkuit telepon yang sma seperti yang digunakan untuk komunikasi suara. Misalnya satu saluran telepon standar dapat menyediakan 24 saluran.
Agar sirkuit telepon dapat digunakan untuk komunikasi data, peralatan khusus harus disertakan pada tiap ujung. Alat tersebut dinamakan Modem (modulator-demodulator). Modem mengubah sinyal-sinyal elektronik dari peralatan komputer (terminal dan komputer) menjadi sinyal-sinyal elektronik dari sirkuit telepom, dan sebaliknya.

https://jaringankomputerawal.wordpress.com/komunikasi-data-pada-teknologi-wimax/konsep-komunikasi-data-pada-perusahaan/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal pilihan ganda dan essay beserta jawabannya Tekonologi dan Infrastruktur E-bisnis

Konsep Dasar E-Business

pengelolaan dan pengembangan jaringan infrastruktur E-business