Soal pilihan ganda dan essay beserta jawabannya Tekonologi dan Infrastruktur E-bisnis

1.Salah satu strategi memilih media periklanan pada e-commerce kecuali?
                a.Menekankan citra pada perusahaan
                b.Perkiraan rata-rata jumlah individu berbeda yang telah mengunjungi isi website
                c.Isi situs web bermanfaat bagi konsumen
                d.Menekankan merk perusahaan
                e.Menarik secara visual
2.Kelebihan dalam membeli software e-commerce komersial,kecuali;
                a.Adanya support service
                b.Lebih murah karena mass produk
                C.Bersifat modular sehingga mudah di kostumisasi
                d.Mudah di adaptasi dan di pelajari
                e.Mudah dalam implementasi
3.Customer yang tidak bergantung pada kontribusi situs perusahaan adalah jenis customer;
                a.Expert
                b.Problem
                c.Intermediates
                d.Nightmaters
                e.Beginners
4.Mengakomodasi kebutuhan pelanggan terhadap barang-barang produksinya di sebut?
                a.E-shop
                b.E-market
                c.Customer care
                d.I-market
                e.Vendor management
5.Metode melakukan usaha yang dapat menghasilkan revenue bagi perusahaan untuk menjamin   kelangsungan hidupnya di sebut?
                a.Business case
                b.Insfra models
                c.Proses model
                d.Business model
                e.EC model
6. Apa yang di maksud Enterprise resources planning (ERP)?
a. Merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada
    manajemen dalam hal pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan
b. Merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada
    manajemen dalam hal pengelolaan sumberdaya perusahaan 
c. Merupakan aplikasi terpadu memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen
    dalam hal hubungan kepada pelanggan
d. Suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan
    melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif
e. Suatu sistem TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pengertian sebuah sistem
    aplikasi yang mengkombinasikan dan mengintegrasikan fungsi untuk sebuah perlakukan
    kontekstual terhadap masing – masing pengetahuan eksplisit dan tasit

7. Komponen yang menjembatani bisnis antara perusahaan dengan para konsumen terdiri dari beberapa jaringan komunikasi, diantaranya yaitu:
a. LAN
b. MAN
c. WAN
d. PAN
e. a, b dan c benar 

8. Yang merupakan software Enterprise resources planning yaitu
a. Knowledge Management System (KMS)
b. Customer Relationship Management (CRM
c. SAP (System Application and Product in data processing) 
d. Supply Chain Management (SCM)
e. Semuanya salah

9. Panjang total jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4 adalah
a. 8-bit
b. 16-bit
c. 32-bit  
d. 64-bit
e. 128-bit

10. Panjang total jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6 adalah
a. 8-bit
b. 16-bit
c. 32-bit
d. 64-bit
e. 128-bit  

11. Fungsi utama yang dijalankan oleh suatu pemeliharaan dan pengelolaan jaringan yaitu ...
a. Pemantau pemakaian bandwidth
b. Pemantau beban dan utilisasi CPU dan memori
c. Pemantau suatu kinerja jaringan
d. Penyeimbang suatu beban pada jaringan

e. C dan D benar 

12. Ada berapa fungsi utama yang dijalankan oleh suatu pemeliharaan dan pengelolaan jaringan yaitu ...
a. 5
b. 4
c. 3 
d. 2
e. 1

13. Salah satu tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business yaitu ...
a. Mendayagunakan komputer 
b. Penyeimbang suatu beban pada jaringan
c. Pemantau beban dan utilisasi CPU dan memori
d. Pemantau fault atau permasalahan perangkat keras jaringan
e. Sistem keamanan suatu jaringan

14. Kemampuan untuk membagikan berbagai macam informasi melalui komponen teknologi di dalam perusahaan secara menyeluruh. Karakteristik infrastruktur e bisnis ini disebut ...
a. Compatibility 
b. Modularity
c. Connectivity
d. Highly-skilled IT personnel
e. Delegate non-critical tasks

15. Jenis e-bisnis ini meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik disebut ...
a. Online to offline (O2O)
b. Consumer to Administration (C2A
c. Consumer to Business (C2B)
d. Business to Administration (B2A)
e. Consumer to Consumer (C2)

16. Kegiatan bisnis atau jasa yang berkaitan erat dengan konsumen, manufaktur, ISP dan pedagang perantara denganmenggunakan media elektronik disebut:
a. E-Banking
b. E-Commerce
c. E-Payment
d. E-Government
e. E-business
17. Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif dalam konsep E-Commerce disebut:
a.       Automation
b.      Interaction
c.       Streamlining
d.      Transaction
e.       Publishing
18. Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu disebut:
a.       B2C
b.      C2B
c.       G2C
d.      C2G
e.       C2B
19. Dibawah ini merupakan manfaat E-Commerce bagi perusahaan kecuali:
a.       Jangkauan Global
b.      Efisiensi Pengandaan
c.       Keterbatasan SDM
d.      Kecepatan time to market
e.       Inovasi model bisnis
20. Meningkatkan hubungan dengan konsumen termasuk manfaat E-Commerce untuk:
a.       Perusahaan
b.      pemerintah
c.       Konsumen
d.      Jawaban B dan C benar
e.       Masyarakat
21. Berikut adalah tantangan E-Commerce, kecuali:
a.       Keamanan
b.      Kepercayaan dan resiko konsumen
c.       Keterbatasan SDM
d.      Dimana saja kapan saja
e.       Model bisnis
22. Manakah manfaat E-Commerce bagi perusahaan:
a.       Pengurangan biaya operasi
b.      Kustomisasi dan personalisasi
c.       Masalah organisasi
d.      Dimana saja kapan saja
e.      a,b,c benar
23. Model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi dan poduk kepada individu karyawannya, disebut:
a.       E-Government
b.      Collaborative Commerce
c.       Business to Employee
d.      E-Learning
e.       Exchange
24. Bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual, disebut:
a.       E-Government
b.      Collaborative Commerce
c.       Business to Employee
d.      E-Learning
e.       Exchange
25. Contoh website model pemasaran A Friedly Search Engine Web, adalah:
a.      www.amazon.com
b.      www.iklanbaris.com
c.       www.google.com
d.      www.multiply.com

e.       www.metropole.com


II. ESSAY

1. Bagaimana menurut anda tingkat kepercayaan masyarakat indonesia terhadap transaksi elektronik dengan menggunakan media website?

Tingkat kepercayaan masyarakat sangat rendah karena sering terjadi penipuan pada transaksi seperti melalui situs/iklan jejaring sosial. namun tingkat kepercayaan pada situs perusahaan besar yang memiliki kredibilitas yang baik cukup tinggi karena mereka percaya bila membeli di situs tersebut barang akan dikirim walaupun terkadang sedikit terlambat.

2.Sebutkan langkah – langkah sukses dalam membangun bisnis e – commerce?

Langkah 1: Set Strategy
Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menyusun suatu strategi dengan berpegang pada suatu prinsip, yaitu bagaimana memudahkan konsumen dalam melakukan bisnis dengan perusahaan.

Langkah 2: Focus on the End-Customer
Pada tahapan ini, adalah penting bagi perusahaan untuk mengkaji dan mendefinisikan siapa sebenarnya konsumen lansung (end-customer) dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Langkah 3: Redesigning Customer-Focus Business Process
Proses perancangan ulang adalah dengan memualinya dari aktivitas terluar, yaitu yang menghubungkan perusahaan dengan konsumennya (customer focus business process). Dengan selalu beranggapan bahwa “customer is a king.

Langkah 4: Wire Company for Profit
Setelah proses bisnis selesai dirancang ulang untuk menyesuaikan dengan karakteristik bertransaksi di dunia maya, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan infrastruktur perusahaan untuk memungkinkan terjadinya mekanisme bisnis yang diinginkan.

Langkah 5: Foster Customer Loyalty
Langkah yang terakhir adalah berusaha untuk membuat konsumen loyal terhadap perusahaan e-commerce yang ada, hanya karena dengan loyalitas mereka sajalah maka profitabilitas usaha dapat tercapai.

3.Uraikan secara singkat langkah-langkah transaksi elektronik dengan menggunakan credit card ?

1.    Menghubungkan ke jaringan terenkripsi yang aman.
2.    Masukkan alamat website Anda berniat untuk membeli dari alamat jendela browser Anda.
3.    Memilih barang yang Anda ingin membelinya.
4.     Klik tombol yang sesuai untuk membeli item yang telah Anda pilih.
5.    Masukan informasi pengiriman Anda. Anda tidak mungkin melihat harga akhir Anda sampai Anda melakukan ini, karena website perlu zip atau kode pos untuk menghitung biaya pengiriman.
6.     Masukkan informasi penagihan Anda.
7.    Masukan informasi kartu kredit Anda Ini termasuk Nama Anda ,Nomor kartu kredit,Kartu kredit tanggal kedaluwarsa,3 - atau 4 - digit kode keamanan di bagian belakang kartu kredit.
8.     Klik tombol yang sesuai untuk menyelesaikan pembelian kartu kredit.
9.    Cetak layar konfirmasi atau bukti pembelian yang Anda terima setelah menyelesaikan transaksi, dan menyimpan bukti pembelian sampai barang tiba.

4. Sebutkan dan jelaskan instansi yang terlibat dalam transaksi elektronik ?

1.DepKomInfo (Departemen Komunikasi dan Informasi) layak ditunjuk sebagai instansi pemerintah yang bertugas membuat regulasi tentang pemanfaatan dunia maya khususnya informasi dan transaksi elektronik.

2.  Agen Elektronik adalah perangkat dari suatu Sistem Elektronik yang dibuat untuk melakukan suatu tindakan terhadap suatu Informasi Elektronik tertentu secara otomatis yang diselenggarakan oleh Orang.

3. Penyelenggara Sistem Elektronik adalah setiap Orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

4. Instansi Pengawas dan Pengatur Sektor adalah instansi yang bertugas mengawasi pelaksanaan tugas sektor dan mengeluarkan pengaturan terhadap sektor tersebut misalnya sektor perbankan dan sektor perhubungan.

5. Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.

6.Pemerintah

7.Bank

5.Sebutkan macam –macam moadel bisnis e – commerce dan berikan contoh masing – masing model tersebut?

1.    Business – to – Business  (B2B)
Business-to-Business merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan-perusahaan lain. Model Business-to-Business ini menawarkan penjualan atau pembelian dalam bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain saja. Model B2B ini tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.

2. Business – to – Consumer (B2C)
Business-to-Consumer merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau public.
Contoh dari Business-to-Consumer yaitu http://www.amazon.com.  Dimana perusahaan ini menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.

3. Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
Contoh dari Consumer-to-Consumer yaitu http://www.ebay.com.  Dimana merupakan suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.

4. Consumer-to-Business (C2B)
Consumer-to-Business merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh dari Consumer-to-Business yaitu http://www.priceline.com. Dimana dalam model ini konsumen menawarkan harga tertentu. Dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Dasar E-Business

pengelolaan dan pengembangan jaringan infrastruktur E-business